amp-auto-ads Manajemen pemasaran global (Dosen Bu Anisah) | Lusy Tutor Plus
Home » » Manajemen pemasaran global (Dosen Bu Anisah)

Manajemen pemasaran global (Dosen Bu Anisah)

Written By lusytutorial.blogspo.com on Tuesday 8 January 2019 | 12:34

PERTAMINA
A.  Profil perusahaan
Ø  Pada 10 Desember 1957, perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT Perusahaan Minyak Nasional, disingkat PERMINA. Tanggal ini diperingati sebagai lahirnya Pertamina hingga saat ini. Pada 1960, PT Permina berubah status menjadi Perusahaan Negara (PN) Permina. Kemudian, PN Permina bergabung dengan PN Pertamin menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) pada 20 Agustus 1968.
Ø  Selanjutnya, melalui UU No.8 tahun 1971, pemerintah mengatur peran Pertamina untuk menghasilkan dan mengolah migas dari ladang-ladang minyak serta menyediakan kebutuhan bahan bakar dan gas di Indonesia. Kemudian melalui UU No.22 tahun 2001, pemerintah mengubah kedudukan Pertamina sehingga penyelenggaraan Public Service Obligation (PSO) dilakukan melalui kegiatan usaha.
Ø  Berdasarkan PP No.31 Tahun 2003 tanggal 18 Juni 2003, Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara berubah nama menjadi PT Pertamina (Persero) yang melakukan kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu hingga Sektor Hilir. Pada 10 Desember 2005, Pertamina mengubah lambang kuda laut menjadi anak panah dengan warna dasar hijau, biru, dan merah yang merefleksikan unsur dinamis dan kepedulian lingkungan.
Ø  Pada 20 Juli 2006, PT Pertamina (Persero) melakukan transformasi fundamental dan usaha Perusahaan. PT Pertamina (Persero) mengubah visi Perusahaan yaitu, “Menjadi Perusahaan Minyak Nasional Kelas Dunia“ pada 10 Desember 2007. Kemudian tahun 2011, Pertamina menyempurnakan visinya, yaitu “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia“. Melalui RUPSLB tanggal 19 Juli 2012, Pertamina menambah modal ditempatkan/disetor serta memperluas kegiatan usaha Perusahaan.
Ø  Pada 14 Desember 2015, Menteri BUMN selaku RUPS menyetujui perubahan Anggaran Dasar Pertamina dalam hal optimalisasi pemanfaatan sumber daya, peningkatan modal ditempatkan dan diambil bagian oleh negara serta perbuatan-perbuatan Direksi yang memerlukan persetujuan tertulis Dewan Komisaris. Perubahan ini telah dinyatakan pada Akta No.10 tanggal 11 Januari 2016, Notaris Lenny Janis Ishak, SH.
Ø  Pada 24 November 2016, Menteri BUMN selaku RUPS sesuai dengan SK BUMN No. S-690/MBU/11/2016, menyetujui perubahan Anggaran Dasar Pertamina terkait dengan komposisi Direksi dan Dewan Komisaris, kewenangan atas nama Direktur Utama, pembagian tugas dan wewenang Direksi, kehadiran rapat Direktur Utama dan Dewan Komisaris.


2. Produk yang di hasilkan (produksi)
Ø  BBM.
BioPertamax (Pertamax), Pertamax Plus (Pertalite), BioPremium, (Premium), Solar, Bio Solar, Pertamina DEX, Kerosine

Ø  Gas.

Elpiji, Vigas, LPG, CNG, Musicool.
Ø  Pelumas.
Fastron, Prima XP SAE 20W – 50, Mesran Super SAE 20W-50, Mesrania 2T Super-X, 2T Enviro, Enduro 4T, Meditran, Rored.

Ø  Petrokimia.

Pure Teraphithalic Acid (PTA), Paraxyline, Benzene, Propyline, Sulfur
3. Teknik – teknik pemasaran
      Untuk memperoleh keuntungan berdasarkan peinsip – prisip pengelolaan secara efektif dan efisien . kegiatan PT PHE  diuraikan sebagai berikut ini :
a.   Menjakankan usaha pertambangan minyak dan gas bumi serta energi lainnya.
b.   Melakukan penyertaan saham dan kepemilikan PI di dalam dan di luar negri.
c.   Menyelenggarakan kegiatan jasa konsultasi pengembangan bisnis dan manajemen portofoliod.
d.   Meneyelenggarakan kegiatan usaha penunjang lain yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang usaha kegiatan usaha tersebut.
 Berdasarkan kegiatannya, Wilayah Kerja Migas dapat dibagi dalam beberapa fase yaitu Exploration Phase, Development Phase, Primary Production Phase dan Secondary Production Phase, Sebagian besar aset PHE berada pada Primary Production Phase, sementara Exploration Phase dan Development Phase  masih sekitar 22%, dengan demikian diperlukan usaha untuk meningkatkan produksi, antara lain :
a.   Percepatan siklus blok dari exploration phase ke development phase serta dari development phase  ke production phase.
b.    Program dan strategi akuisisi blok (eksplorasi, pengembangan, produksi) untuk menjaga sustainability produksi total PT. PHE
c.    Peningkatan aplikasi teknologi EOR (secondary dan tertiary recovery) dari lapangan tua (brown field).
 Untuk mencapai sasaran tersebut maka disusun strategi PT  PHE yang berdasarkan kepada Analisa Lingkungan Bisnis dan diselaraskan dengan strategi PT PERTAMINA (PERSERO) Direktorat Hulu. Strategi tersebut dibagi menjadi Strategi Korporasi dan Strategi Bisnis:
 Strategi Korporasi adalah garis besar cara PT. PHE dalam mengelola portofolio wilayah kerja migas eksisting yang optimal. Berdasarkan pemetaan dan analisa SWOT, maka strategi korporasi PT PHE adalah “ Pertumbuhan yang Fokus pada Bisnis Migas di Dalam Negeri dan Selektif di Luar Negeri
 Strategi bisnis adalah garis besar cara PT PHE agar setiap wilayah kerja migas yang dikelola dapat memenangkan persaingan (profitable), maka strategi bisnis PT PHE adalah sebagai berikut :
a)    Meningkatkan keuntungan perusahaan melalui :
a.    Penambahan produksi melalui optimalisasi aset eksisting, pengembangan lapangan, kegiatan EOR dan kegiatan eksplorasi
b.    Optimalisasi biaya dengan melakukan evaluasi struktur biaya setiap aset dan mengurangi biaya produksi
b)    Pertumbuhan cadangan melalui kegiatan eksplorasi.
a.    Hasil tertinggi kinerja HSE tercapai melalui pendekatan yang terstruktur
b.    Patuh kepada peraturan yang berlaku
c.    HSE sebagai bagian dari budaya oprasin
d.    Pengakuan dari pihak eksternal

Media Promosi
 Untuk pertamina sendiri cara mempromosikan prodaknya yaitu dalam bidang IT pertamina banyak memberikan manfaat melalui website yang dimilikinya sehingga masyarakat tau prodak apa saja yang dijual.
Visi dan  Misi yang dimiliki pertamina  dan untuk media promosi non IT pertamina banyak melakukan promosi dengan media cetak dan produk-produk yang di hasilkan.

4. Analisis
Analisa situasi pasar
Saat ini situasi pasar terhadap produk pertamina cenderung setabil dan baik, di Indonesia sendiri produk dari pertamina sudah menarik banyak minat para konsumen karena produknya yang bagus dan berkualitas dan ramah lingkungan secara pertamina adalah perusahaan minyak milik Negara atau badan usaha milik Negara yang paling besar di Indonesia, selain di tanah air pertamina juga telah menjelajahi produknya hingga luar negri seperti Swiss dan Afrika Selatan merupakan negara ke 23 dan 24 yang menjadi negara tujuan ekspor pelumas Pertamina. Ini menandakan semakin diterima dan dipercayanya produk pelumas Pertamina dipasar global.
pembukaan pasar Eropa dengan Swiss tidak lepas dari upaya pengenalan brand pelumas Pertamina melalui beberapa aktivitas pemasaran di Eropa, antara lain melalui event Fastron Euroasis Expedition, World Rally Championship dan partisipasi pembalap muda binaan Pertamina, Rio Haryanto.
Pada tahap awal, produk unggulan yang akan diekspor Pertamina adalah produk pelumas otomotif, seperti Fastron Series, Prima XP, dan Mesran, dengan pengapalan perdana dua kontainer atau 32 ribu liter melalui pelabuhan Genova, Italia.

Analisa Pesaing
Untuk analisa pesaing dari pertamina itu sendiri untuk di dalam negri tidak ada tapi untuk di luar negri banyak saingan dari pertamina sampai pesaing atau produk dari luar negri itu sendiri sudah mendirikan sebuah cabangnya di Indonesia. Untuk saat ini pesaing dari pertamina yang sudah mendirikan spbunya di Indonesia adalah total, petronas, dan shell namun itu semua tidak membuat pertamnina merasa sangat tersaing karena untuk saat ini masyarakat Indonesia lebih banyak yang menggunakan produk dalam negri yang dimiliki oleh pertamina.




Nama     : Andi syahputra situmorang
Npm       : 10215686

Kelas     : 4EA31
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Lusy Tutorial Indonesia
- Dilarang Memasang Komentar berisikan Link Hidup
- No Sara, No Porno, No Spam
- Dilarang Mempromosikan Blog
- Berkomentar sesuai Artikel yang bersangkutan
- Blog ini dofollow
Atas perhatiannya saya ucapkan Banyak Terima Kasih

Gunadarma

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Lusy Tutor Plus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger